10 Kesalahan Paling Umum Saat Menggunakan Kondom!

Yakin kamu sudah pakai kondom secara tepat? Peneliti dari Indiana University melakukan sebuah studi dan hasilnya ditemukan beberapa daftar kesalahan yang pria sering lakukan ketika menggunakan kondom. Apakah kamu pernah melakukan kesalahan-kesalahan ini?

1. Telat memakai kondom

Studi mengatakan masih banyak pria yang menggunakan kondom setelah melakukan penetrasi. Ini adalah cara yang salah, karena ketika penetrasi telah dilakukan, penularan Penyakit Menular Seksual (PMS) dan penyakit lain yang ditularkan lewat hubungan seksual sudah bisa disebarkan.

2. Terlalu cepat mencopot

Dari studi tadi, sekitar 13,6 hingga 44,7% responden mengatakan bahwa mereka mencopot kondom sebelum hubungan seks benar-benar selesai. Ini juga cara penggunaan kondom yang gak tepat, gak efektif, dong.

3. Membuka seluruh gulungan kondom sebelum dipasang

Cara penggunaan kondom yang tepat adalah membuka sedikit gulungan lalu pasang kondom di penis sambil mendorongnya ke bawah, bukan membuka golongan kondom sepenuhnya sebelum dipasangkan pada penis. Sebesar responden 2,1 hingga 25,3% masih melakukan kesalahan ini.

4. Tidak menyisakan ruang di ujung penis

Kesalahan ini juga masih dilakukan oleh sebesar 24,3 hingga 45,7% responden. Padahal, ruang di ujung penis yang telah dipasang kondom berfungsi sebagai penampung air mani yang keluar saat ejakulasi.

5. Kondom terbalik

Sekitar 4 sampai 30% responden mengatakan bahwa pernah menggunakan kondom secara terbalik, cara ini kurang tepat dalam penggunaan kondom. Jadi, pastikan kamu memakainya gak terbalik, ya!

6. Mendekatkan kondom dengan benda tajam

Antara 2 sampai 11% responden mengaku pernah membuka bungkus kondom dengan benda tajam. Padahal, ini bisa merusak atau merobek kondom. Bukalah bungkus kondom kamu dengan tangan saja supaya lebih aman.

7. Tidak mengecek kebocoran sebelum menggunakan kondom

Sebesar 70-80% responden mengatakan bahwa mereka gak mengecek kebocoran atau kerusakan kondom sebelum menggunakannya. Pertama, lihatlah dulu bungkus kondom, hindari menggunakan kondom yang bungkusnya terdapat rusakan, bekas tekanan, atau lipatan. Juga, jangan gunakan kondom yang telah kedaluwarsa, ya.

8. Tidak menggunakan lubrikasi

Sebanyak 16-25% responden mengaku gak menggunakan pelumas saat menggunakan kondom. Apa yang terjadi jika kamu gak menggunakan pelumas? Jika kondom digunakan untuk melakukan hubungan seks dalam waktu panjang tanpa pelumas, kondom bisa robek. Jadi gunakan pelumas yang tepat supaya tetap aman dan kondom lebih tahan robek.

9. Penyimpanan yang ceroboh

Hindari menyimpan kondom di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau menyimpannya di dompet karena kedua tempat ini dapat merusak kualitas lateksnya. Simpanlah kondom di lemari,i laci kamar, atau tempat tertutup dan cukup luas supaya bungkus kondom gak tertekan atau tertumpuk benda lain.

10. Menggunakan kondom yang sudah pernah dipakai

Sekitar 1-3% responden pernah menggunakan kondom yang sudah pernah dipakai sebelumnya. Selain jorok dan gak sehat, menggunakan kondom yang sudah dipakai mengurangi efektivitasnya. Gunakanlah kondom hanya untuk sekali pakai, ya!

Gimana, Sob? Pernah gak kamu melakukan kesalahan-kesalahan di atas? Sekarang kamu sudah tahu, kan, bagaimana seharusnya menggunakan dan menyimpan kondom dengan benar? Kamu punya pertanyaan seputar seks dan kondom? #tanyasutra aja di Twitter atau Instagram!