5 Cara Cepat dan Mudah untuk Mengalahkan Stres

5 Cara Cepat dan Mudah untuk Mengalahkan Stres

Stres dan kecemasan adalah hal yang umum bagi kebanyakan orang. Faktanya, 70% orang dewasa di Amerika Serikat mengatakan bahwa mereka merasakan stres atau kecemasan setiap hari.

Ketika sedang stres, Anda melepaskan adrenalin, yang menghasilkan lebih banyak stres dan membuat Anda panik. Tapi, menarik napas dalam-dalam yang lambat melalui hidung akan mengurangi tingkat adrenalin. Selain itu, tujuan dari menarik napas dalam-dalam adalah untuk memusatkan perhatian pada napas Anda dan membuatnya lebih lambat. Setelah itu, Anda akan merasa lebih rileks.

Namun, di masa pandemi saat ini, semua orang sulit untuk fokus pada apapun dan hal itu membuat orang-orang lebih mudah mengalami stres. Kabar baiknya, Anda tak perlu terlalu khawatir. Meskipun stres dan kecemasan muncul di tempat kerja dan kehidupan pribadi, berikut ini cara cepat dan mudah untuk mengurangi tekanan yang Anda rasakan.

Fokus untuk tetap tenang

Meditasi, memusatkan perhatian, olahraga, dan relaksasi dapat membantu meredakan kecemasan Anda. Luangkanlah beberapa menit setiap hari untuk relaksasi. Makan dengan baik dan tidur nyenyak juga dapat membantu Anda mengusir stres. Mudah bukan?

Membatasi diri dalam membaca berita dan social media

Tentu, penting untuk mengetahui informasi terbaru selama masa tidak pasti seperti ini. Namun, jangan lupa bahwa menerima berita terus-menerus dari teman-teman di grup chat bisa sangat membebani. Apalagi jika isinya mengkhawatirkan dan belum tentu benar. Untuk itu, cobalah untuk mempunyai waktu offline dari smartphone dan social media, sehingga pikiran Anda yang dipenuhi hal-hal yang membuat stres dapat lebih tenang.

Mengunyah permen karet

Untuk pereda stres yang sangat mudah dan cepat dilakukan, cobalah mengunyah permen karet. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengunyah permen karet memiliki perasaan lebih bahagia dan tingkat stres yang lebih rendah. Alasannya karena mengunyah permen karet menimbulkan gelombang otak yang mirip seperti ketika orang sedang merasa relaks. Selain itu, mengunyah permen karet meningkatkan aliran darah ke otak Anda.

Menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga

Dukungan dari keluarga dan menjadi bagian dari sebuah kelompok pertemanan dapat membantu Anda melewati masa-masa stres selama pandemi. Studi lain menemukan bahwa pria dan wanita dengan koneksi sosial paling sedikit lebih cenderung menderita depresi dan kecemasan dibandingkan dengan mereka yang memiliki sahabat dan mendapat manfaat dari persahabatan. Jadi, lakukan video call dengan keluarga dan sahabat Anda, lalu bertukarlah cerita lucu dengan mereka. Walaupun hanya tertawa bersama secara virtual, hal itu akan membantu meredakan ketegangan dengan mengendurkan otot Anda.

Dengarkan musik yang menenangkan

Mendengarkan musik dapat memberikan efek yang menenangkan pada tubuh. Musik instrumental yang bertempo lambat dapat memicu respons relaksasi dengan membantu menurunkan tekanan darah, detak jantung, dan hormon stres. Musik klasik bisa sangat menenangkan, tetapi hanya dengan mendengarkan musik yang Anda sukai juga efektif untuk mengalahkan stres. Pilihan lainnya adalah suara alam yang menenangkan dan sering dipilih untuk relaksasi dan meditasi.

Selain lima cara cepat dan mudah di atas, jangan lupa bahwa berciuman, berpelukan, dan bercinta juga dapat membantu menghilangkan stres. Kontak fisik yang positif dapat membantu melepaskan oksitosin dan menurunkan kortisol. Ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan detak jantung, yang keduanya merupakan gejala stres. Sebelum bercinta, siapkan dulu Sutra Gerigi di dekat Anda karena kondom ini dilengkapi dengan bintik-bintik halus dan lembut yang akan memberikan sensasi menyenangkan. Anda dan pasangan juga akan mendapatkan kenikmatan maksimal saat bercinta.