Kenali 7 Bahasa Tubuh Wanita Agar Kamu Selalu di Hatinya

Wanita akan selalu menjadi misteri terbesar bagi kaum Adam. Jalan pikiran sampai bahasa tubuh (gesture) seorang wanita seakan menjadi kode rahasia tersendiri—terutama saat dia ngambek atau marah—yang sulit dimengerti. Agar hubungan tetap harmonis, kamu wajib mengenali sinyal atau tujuh bahasa tubuh wanita berikut ini dan kembali memenangkan hatinya.

1. Melakukan kontak mata

Mata wanita cukup ekspresif untuk mengungkapkan perasaannya. Karena itu, sebisa mungkin kamu harus memerhatikan bagaimana si dia melakukan kontak mata saat diajak bicara. Bila dia berulang kali menatap langsung, artinya dia menaruh perhatian kepada pembicaraan yang sedang berlangsung serta tertarik kepada kamu. Sebaliknya bila si dia lebih sering menunduk setelah melihat wajah kamu, kemungkinan besar dia sedang malas berdiskusi atau mendengarkan kamu.

Jika wanita sampai memutar matanya, maka kamu berada dalam situasi gawat! Kebiasaan memutar mata pada wanita menandakan dirinya mulai tidak sabar atau frustrasi (meski dari luar tetap terlihat tenang dan sopan, ya). Apa pun pembicaraan yang sedang kamu lakukan sebaiknya segera dihentikan atau pilih topik baru untuk memperbaiki mood-nya.  

2. Memainkan rambut

Banyak pria salah mengartikan hal ini sebagai cara wanita untuk menarik perhatian kamu. Memainkan rambut atau aksesori, menyentuh lengan atasnya sendiri, memegang leher, serta mengedipkan mata secara cepat berulang kali merupakan tanda-tanda kegugupan dan ketidaknyamanan. Jika pasangan kamu sering melakukannya, cobalah mencari cara terbaik untuk menenangkan atau memberikan kenyamanan agar kencan bebas masalah.  

3. Menggigit bibir

Jika wanita menggigit bibirnya sambil melakukan kontak mata langsung sudah jelas dia menyatakan ketertarikannya terhadap kamu. Tetapi, beberapa wanita yang gugup, khawatir, dan cemas sering kali menggigiti bibirnya sebagai kebiasaan. Di sisi lain, wanita yang merapatkan bibir saat diajak berbicara biasanya sedang merasa marah, tidak setuju, atau tidak percaya terhadap lawan bicaranya. Oleh karena itu, penting menerjemahkannya secara tepat agar kamu tidak salah langkah.  

‘Bahasa’ bibir lainnya adalah senyum yang artinya pun sangat beragam. Ada senyum malu-malu, menggoda, bahkan beberapa wanita tersenyum di saat tidak tepat yang sebenarnya menunjukkan dirinya sedang gugup. Senyum gugup nantinya akan didukung oleh bahasa tubuh lain sehingga kamu semakin mudah membacanya.

4. Memajukan tubuh

Tanpa disadari wanita akan mencondongkan tubuh ke arah lawan bicaranya bila terlibat percakapan seru atau ingin menggoda lawan jenis. Namun, konteksnya bergantung pada topik yang dibicarakan atau situasi di sekitarnya. Jadi, saat melihat pasangan memajukan tubuh saat berbicara dengan rekan kerja pria di pesta kantor, misalnya, kamu jangan cemburu dulu! Di situasi yang resmi tentunya si dia tidak bermaksud menggoda pria lain, kan?

5. Menggerakkan tangan

Saat emosi sedang tidak terkendali banyak wanita yang berbicara sambil menggerakkan tangannya melebihi bahu. Padahal dalam keadaan normal, gerakan tangan wanita sangat minimalis—biasanya di bawah pinggang. Waspadai juga ketika pasangan mulai bertolak pinggang saat dia mengajak kamu bicara karena hal ini menandakan dirinya siap berargumen dan merasa di atas angin bila ternyata kesalahan ada di pihak kamu. Cara terbaik untuk meredakan emosinya adalah dengan meminta maaf dan menjaga intonasi percakapan tetap normal—alias tidak berteriak-teriak.

Sebaliknya, nih, pasangan yang bersedekap saat diajak beradu argumen memiliki arti dia merasa terancam dan akan bersikap defensif jika dipojokkan. Melipat tangan juga kadang diartikan sebagai sikap tidak setuju atau bosan terhadap percakapan yang sedang berlangsung seperti halnya mengetukkkan jari ke permukaan meja.

6. Menyilangkan kaki

Wanita yang menyilangkan kaki—baik saat berdiri atau sedang duduk—memberikan tanda dirinya gugup atau tidak tertarik untuk bercakap-cakap. Namun, bila awalnya si dia bersikap normal kemudian tiba-tiba menyilangkan kaki, kemungkinan besar kamu sudah menyinggung hal sensitif yang tidak ingin dia bicarakan. Saatnya mengganti topik agar pasangan tidak merasa diinterogasi dan menghindarkan suasana canggung.

7. Menyentuh di mana-mana

Selamat, kamu baru saja memenangi hatinya! Inilah salah satu tanda paling mudah untuk dipahami oleh kaum pria. Jika pasangan sering menyentuh kamu—baik di bahu, lengan atas, lutut, atau rambut—tandanya dia menginginkan kedekatan bahkan bisa diterjemahkan sebagai pernyataan kepemilikan. Ketika sudah merasa nyaman, wanita semakin terbiasa menunjukkan perasaannya lewat sentuhan tangan bahkan pelukan. 

Cara lain untuk memenangkan hatinya adalah dengan memberikan perlindungan ekstra, terutama saat bercinta. Lindungi si dia dengan Sutra OK. Kondom berbahan lateks berkualitas ini juga dilengkapi pelumas khusus untuk sesi percintaan panjang dan panas. Cocok untuk mempertahankan hubungan selalu mesra.

Jangan pernah ragu menggunakan kondom, ya. Dengan Sutra OK, ia tidak akan menganggap kamu egois karena berusaha melindunginya dari berbagai risiko. Si dia pasti makin cinta!