Mitos Seputar Kondom yang Perlu Ketahui!

Pakai kondom bikin hubungan seks jadi kurang nikmat? Pakai kondom percuma karena gampang robek? Nah, mungkin ini mitos-mitos soal kondom yang paling sering kamu dengar! Tapi namanya juga mitos, tentunya gak seperti itu faktanya. Bahas lebih lanjut yuk, mitos soal kondom yang salah and educate yourself with the facts…

Kondom mengurangi kenikmatan bercinta?

Beberapa studi di Amerika Serikat menunjukkan bahwa penggunaan kondom sama sekali gak mengurangi kenikmatan bercinta. Sebagian besar responden dalam studi mengatakan, kenikmatan bercinta dengan atau tidak menggunakan kondom sama saja.

Kamu tahu apa yang tidak nyaman? Kehamilan yang tidak direncanakan dan penularan Penyakit Menular Seksual (PMS) yang bisa terjadi kalau kamu tidak menggunakan kondom!

Kondom hanya diperlukan ketika hubungan seks vaginal

Ini juga salah, Sob! Kondom juga dibutuhkan saat hubungan seks anal atau oral. PMS bisa menular juga lewat dua aktivitas seks tersebut. Better safe than sorry!

Kondom tidak bisa expired

Faktanya, kondom punya masa kedaluwarsa. Jadi pastikan kamu mengecek kotak kondom kamu sebelum menggunakannya. Kondom yang kedaluwarsa bisa menyebabkan iritasi, dan lebih mudah robek ketika kehilangan kelenturannya yang hanya terjaga dengan baik selama belum kedaluwarsa.

Dua kondom lebih baik

Penggunaan kondom dengan didobel malah bisa berisiko. Kondom yang didobel akan saling menggesek sehingga lebih berisiko lepas atau robek. Jadi hindari menggunakan kondom dengan cara didobel, ya.

Kondom bisa digunakan di tengah-tengah hubungan seksual atau menjelang ejakulasi

Dengan melakukan ini, sama saja kamu tidak melakukan safe sex. Penularan PMS dapat terjadi saat berhubungan seks tidak menggunakan kondom dan juga, cairan pre-cum yang juga mengandung sperma bisa keluar selama berhubungan seks.

Kondom mudah robek

Kondom adalah salah satu alat kontrasepsi yang paling direkomendasikan oleh dokter. Jadi, ini bisa membuktikan bahwa kondom sangat bisa diandalkan. Robeknya kondom lebih sering terjadi karena kecerobohan dalam menggunakan atau menyimpannya. Pada proses pembuatan, kondom telah diuji dengan berbagai tes quality control untuk memastikan kelenturan dan kekuatannya.

Kondom harganya mahal

Justru sebaliknya, kondom adalah alat kontrasepsi yang paling terjangkau. Tidak hanya itu, akses untuk mendapatkannya juga sangat mudah, tersedia di apotek atau minimarket. Gak ada alasan lagi ya untuk tidak pakai kondom!

Kondom tidak efektif mencegah kehamilan

Kondom merupakan alat kontrasepsi yang mudah dan efektif, jika benar digunakan. Efektivitas kondom mencegah kehamilan bisa mencapai 98%, dan 2% sisanya adalah kejadian yang sangat kecil kemungkinannya untuk terjadi. Jadi, pastikan kamu memakai kondom dengan benar.

Nah, sekarang kamu udah tahu banget kan fakta-fakta seputar kondom? Dengan kondom, kehidupan seksmu jadi aman, sehat, dan tetap menyenangkan! Selalu gunakan Kondom Sutra ketika berhubungan seks, Sob!