Semua yang Perlu Kamu Ketahui Tentang HIV

Di seluruh dunia, diperkirakan 35 juta orang hidup dengan HIV. Penyakit berbahaya ini bisa dicegah, kok! Membekali dirimu dengan pengetahuan mengenai HIV juga penting untuk tindakan pencegahan penyebaran HIV. Ini fakta-fakta yang perlu kamu ketahui seputar virus mematikan ini.

Apa itu HIV?

The Human Immunodeficiency Virus (HIV) termasuk jenis virus mematikan (lentivirus), dikarakterisasikan sebagai virus yang membutuhkan waktu inkubasi panjang dalam tubuh manusia. Virus ini mengincar sistem imun tubuh sehingga manusia yang terjangkit akan jadi rentan terhadap infeksi atau beberapa tipe penyakit kanker.

HIV menjangkit tubuh dalam tiga babak, yang pertama adalah infeksi akut (Acute Infection), latensi klinis atau Clinical Latency, hingga kemudian menjadi AIDS.

Bagaimana HIV menular?

HIV menular dari pertukaran cairan tubuh dari yang terinfeksi kepada yang belum terinfeksi seperti darah, air susu, dan pertukaran cairan saat berhubungan seks. Berbagi jarum (obat atau tato) dengan terjangkit juga bisa menularkan HIV.

Menurut WHO, hubungan seks anal dan vaginal adalah dua cara penularan HIV yang paling umum. WHO juga mengatakan, orang yang menderita PMS (Penyakit Menular Seksual) lebih mudah terjangkit HIV daripada mereka yang tidak.

Bagaimana HIV bisa dicegah?

Ada enam cara utama untuk mencegah penyebaran penyakit HIV.

  1. Penggunaan kondom pria maupun wanita secara benar dan konsisten selama hubungan seks.
  2. Rutin menjalani tes HIV dan PMS sangat disarankan bagi mereka yang riskan terpapar virus HIV.
  3. Melakukan sunat bagi laki-laki, dilakukan oleh tenaga medis profesional.
  4. Terapi Antriretroviral (ART) untuk pencegahan.
  5. Menggunakan jarum steril untuk keperluan pengobatan.
  6. Melakukan terapi obat antiretroviral untuk ibu mengandung selama hamil.

Bagaimana menangani HIV?

Pertumbuhan HIV dapat ditekan dengan kombinasi ART, yang mengandung 3 atau lebih jenis obat antiretroviral. ART tidak menyembuhkan HIV, tapi bisa sangat membantu memperlambat perkembangan virus dalam tubuh sehingga imun tubuh bisa lebih kuat untuk melawan infeksi.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, Sob! Tindakan pencegahan bisa menyelamatkan kamu dan orang yang kamu sayang dari penyakit HIV yang mematikan! Kamu ada pertanyaan soal HIV lebih jauh? #tanyasutra di akun Instagram dan Twitter Kondom Sutra aja!