Pengertian, Manfaat dan Jenis-Jenis Kondom

Kondom secara umum dikatakan sebagai salah satu alat kontrasepsi paling ampuh untuk mencegah kehamilan. Bahkan banyak yang mengatakan, jika dibandingkan dengan beberapa nama alat kontrasepsi saat ini, kondom sangat minim hamil saat digunakan untuk bercinta bersama pasangan. Untuk lebih memahami apa saja soal kondom, dalam kesempatan ini akan dibahas pengertian, manfaat dan jenis kondom yang bisa Anda beli di apotek terdekat.

Pengertian serta Manfaat Kondom

Jenis Kondom - Pengerian dan Manfaat

Kondom bisa dijabarkan sebagai pelindung penis dalam berhubungan badan bersama pasangan. Tujuannya adalah untuk menampung sperma saat ejakulasi didalam vagina perempuan. Dengan tercegahnya sel sperma membuahi sel telur perempuan maka angka kehamilan bisa diminimkan.

Jadi bisa disimpulkan jika kondom memang harus digunakan dalam berhubungan badan ketika ingin menunda kehamilan. Jika biasanya pasangan suami istri ada yang meminum pil KB atau suntik KB, kondom bisa dijadikan alat tambahan jika kurang yakin keamanannya.

Ada banyak produk kondom yang kini bisa Anda jumpai di apotek terdekat. Bahkan Kondom Sutra sudah tersedia di warung dekat tempat tinggal Anda.

Jenis kondom lainnya juga ada yang memberikan sensasi sex lebih lama karena memiliki pelumas ekstra didalamnya. Dengan memakai tambahan alat kontrasepsi inilah para pasangan mampu menikmati sensasi lebih ketika bermantap-mantap di atas ranjang.

Sebenarnya kondom merupakan alat kontrasepsi yang memberikan manfaat besar kepada pemakainya. Selain bisa mencegah kehamilan, pasangan yang ingin merencanakan kehamilan menjadi lebih mudah mempersiapkan kapan mereka siap untuk hamil kembali.

Selain itu kondom juga sangat aman bagi para perempuan karena sama sekali tidak mengandung sejumlah hormon yang biasanya memberikan efek samping. Dengan menggunakan kondom juga dapat mencegah tertularnya penyakit baik dari perempuan maupun pria. Karena saat ini penyakit kelamin memang tidak bisa dideteksi secara langsung.

Jika salah satu pihak terkena infeksi penyakit menular, sangat aman jika berhubungan badan menggunakan kondom. Karena bisa mencegah bertemunya dua alat kelamin secara langsung.

Jenis-Jenis Kondom Berdasarkan Beberapa Hal

Jenis Kondom - tipe dan varian

Sejauh ini jenis kondom yang dijual di sekitar Anda memiliki banyak hal dari beberapa bentuk penjelasan lain termasuk cara pemakainya. Berikut ini penjelasan lengkap yang bisa anda gunakan untuk membedakannya.

  • Jenis Kondom Dari Segi Pemakai
    • Kondom Pria

Kondom untuk pria memang lebih banyak dijumpai pada apotek maupun supermarket terdekat. Bahkan jenisnya pun juga sangat beragam berdasarkan produk yang menjualnya. Kondom pada pria digunakan pada penis sebelum melakukan hubungan seks bersama pasangan. Apabila sudah selesai biasanya kondom di lepas serta dibuang.

    • Kondom Wanita

Jika dibandingkan dengan kondom pada pria, kondom wanita memang sangat jarang sekali ditemukan. Tetapi beberapa toko sebenarnya menyediakan karena merupakan salah satu alat kontrasepsi yang penting juga. Untuk memakai kondom wanita biasanya dimasukkan ke lubang vagina sampai menyentuh leher rahim.

Antara kondom pria dan wanita terdapat perbedaan ketika menggunakannya. Jika panjang pria bisa langsung digunakan saat akan melakukan hubungan seks, tetapi kondom pada wanita harus dipasang beberapa jam sebelum berhubungan seks dengan pasangan.

  • Jenis Kondom Dari Segi Material

Dari segi material atau bahan dasar pembuatan kondom, kategori jenisnya antara lain:

    • Kondom Lateks

Kondom lateks dibuat dari bahan alami sehingga sangat aman ketika digunakan. Memiliki kelebihan lebih lentur dan kuat dibandingkan jenis kondom lain. Makanya lebih banyak pria memilih jenis material kondom lateks dibandingkan jenis lain karena nyaman dipakai.

    • Kondom Poyurethane

Kondom Poyurethane masuk pada kategori kondom yang jauh lebih kuat dibandingkan dari bahan lateks, misalnya sutra hitam. Terdapat pelumas pada kondom jenis ini sehingga penis tidak akan mudah iritasi meski berhubungan seks yang lama bersama pasangan. Namun harganya jauh lebih mahal dibandingkan kondom jenis lateks.

    • Kondom Lambskin

Berdasarkan namanya kondom jenis ini terbuat dari membran tipis yang berpori. Bahan dasarnya adalah usus domba. Karena memiliki sifat mampu menyesuaikan suhu tubuh, tentunya sensitifitas ketika berhubungan seks menjadi lebih luar biasa.

  • Jenis Kondom Dari Segi Ukuran

Kategori jenis kondom selanjutnya yaitu berdasarkan ukurannya. Produk yang dijual di pasaran antara lain:

    • Kondom Kecil

Kondom kecil memang tersedia hanya untuk ukuran penis kurang dari 12 cm. Sedangkan keliling penis kurang dari 14 cm. Biasanya di pasaran kondom berukuran kecil memang jauh lebih sulit dicari karena persediaannya hanya sedikit.

    • Kondom Reguler

Kondom reguler jauh lebih mudah ditemukan karena banyak diproduksi. Memiliki beberapa aroma, tekstur dan juga merk. Kondom pada ukuran ini dikhususkan untuk ukuran penis yang memiliki panjang 12-17 cm dan keliling antara 14-17 cm.

    • Kondom Besar

Ukuran kondom yang masuk kategori besar biasanya disediakan untuk ukuran penis yang panjangnya 17-20 cm sedangkan kelilingnya lebih 17 cm.

  • Jenis Kondom Dari Segi Tekstur

Dari segi tekstur, kondom dibagi menjadi dua jenis, antara lain:

    • Kondom biasa

Kondom biasa merupakan kondom yang biasanya banyak tersedia di beberapa toko ataupun apotek. Memiliki permukaan halus dan tidak bertekstur. Sejumlah varian dan brand kondom ternama sudah bisa anda dapatkan ketika ingin membelinya.

    • Kondom bertekstur

Berdasarkan kategorinya, kondom bertekstur memang memiliki permukaan yang tidak halus seperti berbentuk ulir, kondom bergerigi, ataupun perpaduan dari dua hal itu. Karena kondom ini dibuat untuk memberikan rasa sensasi yang luar biasa ketika bercinta bersama pasangan.

  • Jenis Kondom Dari Segi Sensasi

Dari segi sensasi ketika menggunakannya, kondom dapat dibagi menjadi beberapa kategori, antara lain:

    • Kondom Beraroma

Kondom yang memiliki aroma memang memberikan sejumlah sensasi saat berhubungan seks. Karena pada bungkus kondom terdapat beberapa jenis aroma menarik misalnya aroma buah-buahan pisang, durian, strawberry dan lain sebagainya.

    • Kondom Tahan Lama

Jenis kondom ini biasanya dilapisi pelumas dari kandungan benzocaine, sehingga para pria akan jauh lebih tahan lama dan tidak mudah ejakulasi. Jenis kondom ini sangat bermanfaat bagi para pria yang mengalami ejakulasi dini.

    • Kondom Tipis dan Tebal

Berikutnya yaitu kategori kondom tipis dan tebal. Untuk kondom tipis memiliki ukuran 0.01 – 0.03 mm sehingga sensitivitasnya begitu tinggi. Dan kondom tebal memiliki ukuran yang ekstra lebih tebal, sehingga mampu meminimalkan risiko kehamilan secara maksimal.

Untuk lebih nikmatnya berhubungan seks bersama pasangan, tidak hanya harus pandai menentukan kategori kondom sesuai penjelasan diatas. Namun pemakai juga harus bisa memilih secara jeli berdasarkan manfaatnya bersama pasangan.

Hal pertama untuk membeli kondom yaitu menentukan lebih dahulu bahan dasar kondom tersebut. Karena sebagian pria memiliki kulit penis dengan kesensitifan berbeda. Jangan sampai hanya asal membeli tetapi beresiko setelah menggunakannya.

Kemudian hal kedua adalah tentang ukurannya. Mengingat di beberapa toko tersedia beragam jenis ukuran, dan pemakai memang harus menyesuaikannya dengan ukuran penis. Jangan sampai kondom lepas ketika dipakai berhubungan seks bersama pasangan.

Ketiga adalah tentang bagaimana cara memasang kondom yang benar. Lihatlah cara pemakaian dan juga memasangnya secara benar sesuai petunjuk yang tertera di dalam bungkus kondom.

Berikut varian komplit yang bisa Anda pilih :

1. Kondom Terbaik, Sutra Merah

Jenis Kondom Sutra Merah

Sutra merah menjadi produk kondom terbaik yang paling disukai karena lembut dan memiliki pelumas ekstra. Tentu akan memberkan rasa nyaman dan menambah gairah ketika bercinta. Berasal dari bahan lateks alami, tipis, halus dan lembut. Cocok digunakan oleh pasangan suami istri baru karena sangat nyaman digunakan.

2. Kondom Terbaik, Sutra Hitam (Sutra OK)

Jenis Kondom Sutra Hitam

Sutra hitam merupakan produk unggulan kedua. Dimana kondom ini memiliki diameter sampai 52 mm dan cocok digunakan oleh semua ukuran penis. Bahan tipis dan lembut juga sangat nyaman dipakai semua kalangan usia. Pelumas yang dibaluti obat kuat memberikan kemampuan bercinta lebih lama.

3. Kondom Terbaik, Sutra Gerigi

Jenis Kondom Sutra Gerigi

Bagi pasangan yang sudah lama menikah, sutra gerigi bisa dijadikan pilihan terbaik. Desain yang memiliki bintil-bintil bergerigi di bagian luar kondom, akan memberikan kesan berbeda saat bercinta. Dijamin dengan memilih sutra bergerigi pasangan Anda akan lebih puas dan tahan lama.

4. Kondom Terbaik, Sutra Plus

Jenis Kondom Sutra Plus

Keistimewaan dari produk kondom terbaik tipe Sutra Plus, yaitu memiliki kandungan khusus yang diramu secara spesial dibandingkan tipe kondom terbaik Sutra lainnya. Tingkat ketebalan yang bisa terbilang paling tipis dari semua tipe, dan basah, serta mampu memberikan sensasi yang tidak didapatkan untuk tipe kondom sejenis pada produk merk lainnya.

Sekian pembahasan lengkap tentang pengertian dan jenis kondom yang Anda jumpai selama ini. Jangan lupa, setelah memakainya Anda juga harus membuangnya dengan baik supaya tidak mengotori lingkungan. Semoga bermanfaat!