5 Cara Membersihkan Penis yang Wajib Diketahui Pria

Cara membersihkan penis sangat perlu dipelajari untuk para pria. Penis adalah salah satu organ vital pria yang sangat penting. Oleh karena itu, organ vital pria yang satu ini wajib dijaga kebersihannya dengan berbagai cara membersihkan penis. Penis yang tidak pernah dibersihkan akan menjadi kotor dan menimbulkan bau tidak sedap.

Selain menimbulkan bau yang tidak sedap, penis pria dalam kondisi kotor akan mengalami masalah kesehatan pada bagian kepala penis. Kepala penis akan mengalami balanitis atau radang kepala penis. Masih banyak kemungkinan lainnya apabila penis dalam kondisi kotor.

Cara Membersihkan Penis yang Aman dan Benar

cara membersihkan penis

Penis yang tidak pernah atau jarang dibersihkan akan berakibat fatal pada kesehatan penis. Penis yang jarang dibersihkan  akan menumpukkan kotoran.  Tumpukan kotoran pada penis biasa disebut dengan nama spegma. Spegma pada umumnya sering dialami oleh pria yang tidak disunat. Tetapi hal tersebut tidak menutup kemungkinan adanya spegma pada penis yang sudah disunat. Jika penis jarang dibersihkan, kemungkinan besar akan ada tumpukan kotor yang biasa disebut spegma ini.

Oleh karena itu, penis sangat dianjurkan untuk dibersihkan secara rutin. Berikut adalah cara membersihkan penis yang aman dan benar untuk dilakukan secara rutin oleh para pria :

1. Rutin Cuci Batang Penis Menggunakan Sabun dan Air

Pertama dari cara membersihkan penis yaitu pada batang penis wajib dibersihkan dari ujung sampai pangkal penis dengan sabun lalu di bilas dengan air bersih setiap saat mandi atau lebih baik lagi setiap setelah buang air kecil. National Health Service atau NHS mengatakan bahwa air hangat sangat baik untuk membersihkan kotoran pada penis. Air hangat dinilai efektif dapat membuang dan menghancurkan tumpukan kotoran yang menempel di penis pria.

Setelah itu, NHS juga menganjurkan menggunakan sabut yang netral. Sabun netral ini yang tidak mengandung pewangi atau pewarna yang biasa ditemui di pasaran. Sabun netral sudah dipastikan tidak akan membuat iritasi pada kulit. Kulit yang sensitif akan mengalami iritasi dan mengakibatkan penis tidak terasa nyaman atau gatal.

2. Tidak Menggosok Penis Dengan Keras dan Kencang

Cara membersihkan penis sangat mudah tetapi jangan sampai penis digosok atau dibersihkan dengan cara terlalu keras dan kencang. Kulit pada area penis lebih sensitif dibanding dengan kulit pada bagian tubuh lainnya. Apabila penis dibersihkan dengan cara penis digsok terlalu keras dan kencang, maka penis akan berisiko mengalami kelecetan. Kelecetan pada penis sangat tidak memberikan kenyamanan.

3. Bersihkan Rambut Kemaluan dan Testis

Rambut kemaluan dan testis juga sangat perlu untuk dibersihkan. Karena, rambut kemaluan dan testis menjadi pengaruh besar pada kebersihan penis. Rambut kemaluan dan testis bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri jahat karena area tersebut lembab. Apabila rambut kemaluan dan testis tidak dibersihkan, maka akan menimbulkan bau tidak sedap pada penis tersebut.

Bersihkan rambut kemaluan dan testis dengan menggunakan sabun dan air dengan cara perlahan-lahan. Membersihkan rambut kemaluan dan testis perlakuannya sama seperti cara membersihkan penis. Bersihkan dengan cara perlahan agar tidak menimbulkan sakit atau lecet pada area tersebut. Area rambut kemaluan dan testis bersih akan membuat penis anda menjadi sehat dan tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.

4. Rutin Mencukur Bulu Kemaluan

Bagian ke empat dari cara membersihkan penis yaitu selain membersihkan area bagian penis, para pria juga dianjurkan untuk rutin mencukur bulu kemaluan  agar penis benar-benar terjaga kebersihannya. Rambut kemaluan menyimpan cairan keringat yang mengakibatkan area tersebut menjadi lembab. Selain itu, rambut kemaluan juga bisa menyimpan kotoran atau bakteri jahat yang menimbulkan bau tidak sedap dan yang paling mengerikan ialah terjadinya infeksi pada penis.

Untuk itu, semua pria dianjurkan untuk mencukur rambut kemaluan apabila rambut kemaluannya sudah terlalu lebat. Alat yang digunakan seperti gunting atau shaver harus dibersihkan dahulu lalu perlu dipastikan kembali alat cukur tersebut dalam keadan bersih.

5. Penis Harus Dikeringkan Sebelum Menggunakan Celana Dalam

Terakhir dari cara membersihkan penis yaitu sebelum menggunakan celana dalam, pastikan penis dalam keadaan kering agar tidak sia-sia sudah membersihkan area penis. Hal tersebut sangat penting karena mengeringkan penis setelah dibersihkan membuat penis tidak akan lembab dan tetap terjaga kebersihannya. Penis yang lembab akan menimbulkan bau tidak sedap dan penis tidak terasa nyaman.

Cara Menjaga Kebersihan Area Penis

Para pria harus rutin membersihkan pensinya. Tidak hanya itu saja, pria juga harus menjaga kebersihan area penis. Mulai dari batang penis, rambut kemaluan sampai dengan testis harus benar-benar terja kebersihannya agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap dan tidak terjadi infeksi.

Berikut adalah cara-cara menjaga kebersihan area penis agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap :

  • Penis harus rutin dibersihkan. Pada saat mandi, setelah olahraga, sesudah atau sebelum berhubungan seks bersama istri dan setelah bermasturbasi.
  • Handuk yang digunakan saat mengeringkan penis harus dalam keadaan bersih.
  • Tidak dianjurkan menggunakan bahan-bahan kimia olahan seperti bedak dan deodorant karena penggunaan bahan-bahan kimia olahan tersebut akan menyebabkan iritasi pada penis.
  • Gunakan celana dalam dan celana luar tidak terlalu ketat agar sirkulasi udara ke selangkangan tidak terhambat.
  • Celana dalam wajib diganti minimal 2 kali dalam sehari.
  • Tidak boleh bergonta-ganti pasangan saat berhubungan seks karena akan berisiko terkena penyakit seksual.
  • Selalu gunakan alat kontrasepi seperti kondom untuk keamanan yang lebih maksimal.

Penggunaan kondom saat berhubungan seks sangat berpengaruh pada kebersihan organ vital pria. Selain terhindar dari risiko penularan penyakit seksual, penggunaan kondom juga dapat mencegah kehamilan untuk pasangan suami istri yang sedang menunda kehamilan. Memakai kondom juga pasti ada aturannya, tidak bisa asal-asalan. Kondom Sutra

Pelumas seks yang digunakan harus berbahan dasar air seperti pelumas pada Kondom Sutra dan Pelumas Sutra agar penis mudah dibersihkan. Penggunaan pelumas berbahan dasar minyak akan susah untuk dibersihkan. Untuk seluruh pasangan suami istri yang akan menggunakan kondom dianjurkan untuk menggunakan kondom kоndоm dengan kualitaѕ terbaik dari ѕegi bahan hingga kenуamanannуa.

Kоndоm Ѕutra Merah, Kondom Sutra Hitam (OK), Kondom Sutra Gerigi dan Kondom Sutra Plus meruрakan  varian Kоndоm Sutra уang dilengkaрi ekѕtra рelumaѕ untuk memberikan ѕenѕaѕi уang lembut dan haluѕ рada kоndоm ѕehingga daрat membantu mengurangi terjadinуa iritaѕi demi kemeѕraan anda dengan рaѕangan. Diranсang dengan teknоlоgi ѕuрer tiрiѕ. Kоndоm Ѕutra memberikan anda рengalaman ѕentuhan langѕung уang alami. Agar lebih nikmat, tambahkan dua teteѕ Ѕutra Lubriсant уang berbahan daѕar air dibagian dalam kоndоm.

Cara Membersihkan Penis yang Tidak Disunat

Penis yang disunat dan tidak disunat memiliki perbedaan pada cara membersihkannya. Penis yang tidak disunat membutuhkan perawatan yang lebih diperhatikan, terutama pada ujung penis yang masih memiliki penutup kepala penis atau yang biasa disebut dengan kulup penis. Kulup penis sangat berpotensi menyebabkan spegma.

Berikut adalah cara membersihkan penis yang tidak disunat :

  • Tarik perlahan kulup penis. Jangan sampai terlalu kencang karena akan menyebabkan lecet pada penis.
  • Bersihkan kulup penis dan batang penis menggunakan sabun dan air hangat agar mudah dibersihkan.
  • Bilas sampai bersih bagian dalam kulup penis yang sudah di cuci menggunakan sabu. Sabun yang digunakan harus sabun yang netral.
  • Setelah dibilas dengan bersih, tutup kulup penis ke posisi semula.

Cara tersebut diatas hanya untuk cara membersihkan penis yang tidak disunat pada usia remaja dan dewasa. Untuk membersihkan penis anak bayi dan anak kecil perlu ditanyakan kembali ke dokter yang lebih ahli dalam permasalahan ini. Karena biasanya kulup anak bayi dan anak kecil masih menempel di penis. Jadi tidak bisa di tarik paksa untuk dibersihkan.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan tentang cara membersihkan penis dan cara menjaga kebersihan pada penis untuk usia remaja dan dewasa. Menjaga kebersihan penis juga dapat dilakukan saat berhubungan seks. Untuk semua pasangan suami istri yang akan menjaga kebersihan organ intim, sebaiknya menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom.

Apalagi saat istri sedang hamil. Menjaga organ intim istri yang sedang hamil sangat perlu diperhatikan. Berhubungan seks saat hamil dapat menggunakan kondom yang sudah berpelumas agar istri tidak merasa kesakitan saat melakukan penetrasi.